Friday 23 October 2015

Matahari Pagi, Moodbooster di pagi hari

Ini sunrise di belakang rumah saya,
gegara sunrise sy jadi ingin nabung buat beli
kamera yang cukup untuk mengabadikan
keindahnya :) #doakansaya!
 Halo semua, bagaimana kabar kalian? Sebenernya saya punya banyak sekali ide yang ingin ditulis dan banyak sekali hal yang telah terjadi, hanya saja saya lagi kejar deadline nih, Alhamdulilah saya bersama tim (bingo yang mau rebrand, hehe ini masih rahasia) sedang mengerjakan website kekl95.com (keluarga alumni sma loyola 1995), branding desain Smart Payment dan ICT (Inovasi
Cipta Teknologi) dan juga  website Asrama Haji Donohudan. Alhamdulilah ya Allah, terimakasih banyak atas rezekimu. Ok back to the topic, Kali ini sya mau sharing tentang matahari pagi. Buat saya yang sudah beberapa bulan ini kerjanya lebih sering di rumah mempunyai aktivitas yang sedikit berbeda dari biasanya. Jika dulu masih kos di Semarang dari urusan bangun tidur, cuci cuci, sampai makan pagi dan ngantor terasa seperti selayaknya banyak orang lakukan. Kemudian menjadi sebuah rutinitas yang sudah melekat banget. Kalau pas pulang ke rumah kerjaannya sante - sante aja begitu, menikmati alam desa. Sekarang malah kerjanya lebih sering di rumah dan bener banget awalnya kaget banget, efek belum terbiasa begitu. Biasanya sante sante sekarang kerja
dan harus mengatur waktu supaya sante sante dan kerjanya sama - sama jalan. Dari beberapa bulan yang telah terlewati saya belajar satu hal, "mood dan semangat yang terjadi itu sebagian besar dipengaruhi dengan aktivitas pagi".  Berikut ini saya kasih tips dari hasil observasi saya di rumah dan semoga bisa menjadi referensi kalian yang kerjanya kayak saya sekarang ini;


1. Mengoptimalkan waktu malam
Pagi hari dipengaruhi oleh waktu malam kita, bisa jadi bangunnya jadi telat gara - gara semalem begadang atau lembur. Nah kalo saya biasanya malam itu dipakai review pekerjaan, istirahat dan beribadah. Kadang sih kalo kepepet tetepan lembur gitu tapi jangan sering ya, beneran nggak enak banget deh kalo paginya kacau. Beberapa kali saya lebih seneng kerja malam karena alesan lebih tenang suasananya atau adem gitu, tapi kembali lagi ke masalah utama, paginya jadi kacau bangets >.<  Jadi gunakan malam yang tenang itu untuk istirahat yang cukup.

2. Jangan keduluan sama Ayam
Ada yang bilang kalo kesiangan nanti rejekinya dipatok ayam, hehe tapi ini bener lho XD Kalo di rumah saya yg masih desa banget dan juga memelihara ayam sekandang, alarm saya sekarang malah paduan suara para ayam di kandang. Biasanya mereka mulai ribut antara jam 3 atau setengah 4 gitu. Kalau tidurnya cukup dan tidak larut hal yang mudah banget bisa bangun jam segitu, tapi kalau lembur suara ayamnya di telinga aja masih nggak sadar.



3. Menunggu Matahari Pagi
Ini bagian paling indah sejak saya kerja dari rumah. Setiap hari bisa lihat sunrise dan sunset indah banget. Setelah selesai subuhan langsung keluar rumah menuju belakang rumah dan melihat hamparan sawah dimusim kemarau-saatini- menikmati udara pagi yang sejuk banget, nggak ada polusi, nggak ada suara bising motor, biasanya saya pemanasan ringan sambil menunggu si matahari keluar. Kalau di Semarang nunggu matahari mall buka ini nunggunya matahari beneran hehe. Detik - detik si matahari keluar saya liatin tuh sambil berterimakasih sama Allah atas karunia-Nya yang begitu luar biasa. Beberapa menit setelah matahari keluar saya kembali ke rumah sambil berjalan - jalan melihat pekarangan rumah, menyapa para ayam, ngasih makan para kucing, kemudian membuat secangkir teh hangat atau segelas jus buah, menikmati sarapan pagi dan aktivitas normal. Biasanya saya langsung dapet inspirasi buat desain, garap kerjaan, atau buat nulis langsung eksekusi deh.

Kurang lebih seperti itulah yang biasanya saya lakukan setiap pagi, kalau pas tidurnya larut, bangunnya balapan sama matahari, yakin deh mood jadi nggak enak banget, bawaannya males mulu, tidur - tiduran, atau nih habis subuhan tidur, beneran itu di badan berat banget, sebisa mungkin jangan deh, walaupun beberapa menit aja sempatkan untuk menikmati udara pagi dan mensyukuri nikmat dari-Nya. Setelah banyak hal yang terjadi, saya mengerti kenapa Allah memberikan kewajiban untuk sholat subuh. :)

Oke, sudah ya hehe ayo kembali beraktivitas lagi. Selamat bekaktivitas. Have a nice day!
-iin

Ini saya kasih liat beberapa foto di belakang rumah saya, kali aja ada yang mau dateng kesini bawa makanan hehehe >.<
Mataharinya udah tinggi
belakang rumah penuh bambu dan pohon lainnya,
setelah itu ada hamparan sawah yang pas buat view sunrise
atau sunset
yang ini dapet dari google street view, coba cari aja
bumiharjo, guntur. Google udah pernah sampe desa saya lhoo

No comments:

Post a Comment